WIKA Pracetak Gedung

PT Wijaya Karya Pracetak Gedung (WIKA Pracetak Gedung) merupakan sebuah perusahaan patungan (joint venture), yang didirikan oleh PT Wijaya Karya Bangunan Gedung (WIKA Gedung) dan PT Wijaya Karya Beton Tbk (WIKA Beton), untuk beton pracetak gedung sekaligus aplikasinya. 

WIKA Pracetak Gedung memfokuskan diri pada industri pracetak beton untuk mendukung kemudahan usaha jasa konstruksi, sekaligus pengembangan produk komponen gedung lainnya, dengan menghadirkan 4 produk utama yaitu; Balok Pracetak, Kolom Pracetak, HCS (Hollow Core Slab), dan Fasade Pracetak. Selain itu, sebagai partner dalam industri beton pracetak gedung, WIKA Pracetak Gedung menciptakan keunggulan bersaing dengan mengaplikasikan EII (Engineering, Industry, Installation) serta sistem pracetak beton sebagai solusi dan inovasi produk, melalui perancangan dan rekayasa desain struktur (Engineering), produksi beton beton pracetak (Industry), hingga pemasangan materi beton pracetak (Installation).

Joint venture pada tahun 2016 ini merupakan salah satu strategi kemitraan antar anak usaha PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) dengan porsi kepemilikan saham 51% WIKA Gedung dan 49% WIKA Beton, serta menempatkan WIKA Pracetak Gedung sebagai anak usaha dari WIKA Gedung dan perusahaan asosiasi bagi WIKA Beton. Dengan menggabungkan dua kekuatan besar dari anak perusahaan WIKA tersebut, diharapkan WIKA Pracetak Gedung dapat mencapai visinya untuk menjadi perusahaan terdepan dalam bidang industri pracetak gedung di Indonesia. Sebagai upaya dalam mencapai visi tersebut, WIKA Pracetak Gedung berkomitmen penuh dalam menerapkan misi perusahaan yaitu; menyediakan produk yang berkualitas, memberikan pelayanan terbaik dalam desain engineering, industri dan pemasangan, selalu terdepan dalam berinovasi, melaksanakan tata kelola perusahaan untuk semua stakeholder, mengedepankan prioritas terhadap faktor keamanan, baik di lingkungan pabrik maupun proyek. 

Selain itu, perusahaan berkomitmen penuh dalam mendukung rencana Pemerintah Indonesia dan arahan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tentang penerapan sistem beton pracetak untuk pembangunan nasional dalam meningkatkan penggunaan komponen pracetak pada proyek infrastruktur agar dapat mempercepat laju pembangunan infrastruktur nasional. Dengan membawa keunggulan sistem joint pracetak, perusahaan siap turut serta menjadi bagian dari pembangunan fasilitas nusantara agar target yang ditetapkan pemerintah menjadi lebih mudah tercapai. 

WIKA Pracetak Gedung juga terus berupaya untuk dapat menjadi mitra terbaik dalam bidang beton pracetak dengan memprioritaskan kualitas, keamanan, efisiensi, dan keramahan lingkungan, serta menjadi solusi menyeluruh bagi bisnis dan industri di bidang konstruksi bangunan. Tak lupa, perusahaan  turut membangun relasi dengan para pemangku kepentingan sebagai kunci sukses hubungan bisnis dalam membangun peningkatan kemampuan hasil usaha untuk keberlangsungan jangka panjang.

Sekilas WIKA Gedung

PT Wijaya Karya Bangungan Gedung (WIKA Gedung) sebagai salah satu anak perusahaan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) adalah perusahaan yang berkembang secara konsisten melayani kebutuhan pemerintah, BUMN, loan, dan swasta di Indonesia. WIKA Gedung memulai bisnisnya pada tahun 2008 dan menjadi perusahaan konstruksi terdepan di Indonesia. Selama 7 tahun, WIKA Gedung telah menyelesaikan 108 proyek yang bernilai Rp 11,6 triliun berkat kerja keras seluruh pegawai perusahaan dengan berkontribusi optimal dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

Sekilas WIKA Beton

PT Wijaya Karya Beton Tbk (WIKA Beton), yang juga merupakan anak perusahaan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), didirikan pada tahun 1997 dengan visi untuk menjadi perusahaan produksi beton pracetak terkemuka. WIKA Beton telah memiliki 10 pabrik di seluruh Indonesia dengan perkembangan konstruksi yang tinggi dan menerapkan sistem Engineering Production-Installation pracetak. Saat ini, WIKA Beton adalah produsen beton pracetak terbesar di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.